Kota Serang, Techfin Insight – Takbir bergema di langit Banten saat umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah. Di tengah semarak ibadah dan kebersamaan masyarakat, PT PLN (Persero) memastikan keandalan pasokan listrik tetap terjaga, dari Kota Tangerang hingga Serang dan Cilegon.
Hal ini menjadi pilar penting agar salat Id dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung lancar tanpa gangguan kelistrikan.
Di Kota Tangerang, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikokol menurunkan seluruh personel sejak H-1 hingga tiga hari pasca-Idul Adha.
Mereka disiagakan selama 24 jam penuh di lima masjid strategis dan sejumlah titik penting lainnya, dengan sistem monitoring lapangan intensif.
Selain personel, PLN juga menggelar peralatan pendukung seperti dua unit UPS 10 kVA, satu UPS 20 kVA, serta dua unit genset masing-masing 40 kVA dan 7,5 kVA.
“PLN berkomitmen hadir di setiap momen penting masyarakat, termasuk Idul Adha. Kami telah menyiapkan personel dan peralatan dengan matang agar seluruh kegiatan ibadah berlangsung lancar,” ujar Badruz Zaman, Manager PLN UP3 Cikokol.
Kesiapan ini mendapat apresiasi dari pengelola masjid. “Listrik stabil dan penerangan masjid sangat membantu pelaksanaan ibadah. Terima kasih atas dukungan sigap dari PLN,” ucap Ustaz Ridwan dari Masjid Al-Ittihad, Pasar Lama.
Di wilayah barat Banten, kesiagaan serupa dilakukan oleh PLN UP3 Banten Utara yang membawahi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.
Seluruh personel dan perangkat kelistrikan disiagakan pada lokasi prioritas seperti alun-alun, masjid besar, rumah sakit, pelabuhan, dan pusat keramaian lainnya.
“Ini bentuk komitmen PLN dalam mendukung masyarakat agar dapat menjalankan ibadah Idul Adha dengan nyaman bersama keluarga,” ungkap Hanfi Adrhean Abidin, Manager PLN UP3 Banten Utara.
Langkah proaktif ini pun mendapat apresiasi langsung dari Gubernur Banten, Andra Soni, yang melaksanakan salat Id di Alun-alun Kota Serang.
“Luar biasa petugas PLN. Terima kasih atas pelayanannya. Semoga listrik selalu aman. Terus semangat memberikan layanan prima untuk masyarakat Banten,” tuturnya.
PLN juga memperkuat kesiapan melalui koordinasi lintas sektor dengan pemerintah daerah, aparat keamanan, dan tokoh masyarakat.
Aplikasi PLN Mobile juga aktif 24 jam untuk melayani pengaduan pelanggan secara real time.
General Manager PLN UID Banten, Muhammad Joharifin, menegaskan bahwa keberhasilan siaga Idul Adha adalah hasil sinergi seluruh elemen PLN di Banten.
“PLN tidak hanya menghadirkan listrik, tapi juga rasa aman dan kepastian. Semoga semangat Idul Adha menjadi semangat kami dalam melayani,” ujarnya.
PLN mengajak masyarakat untuk terus memanfaatkan aplikasi PLN Mobile guna kemudahan layanan kelistrikan, termasuk pelaporan gangguan dan permintaan layanan secara cepat dan efisien.
Komentari lewat Facebook